18.5.17

5 Kegiatan Seru untuk Menghabiskan Libur Lebaran di Jogja

Beberapa bulan yang sudah lewat saya pernah menikmati keseruan berlibur di Jogja - teman-teman bisa membacanya di artikel Mengitari Jogja Bersama Teman Blogger dan Media. Hingga hari ini saya masih suka membayangkan saat jalan-jalan pagi di Sasono Hinggil dan menemui bapak pengayuh becak; Kelik -namanya yang juga orang lama di lokasi yang takjauh dengan Taman Sari ini.  Hmmm ... Kenangan yang indah.

Saya dan pak Kelik menyempatkan berswafoto seusai bincang-bincang seputar Sasono Hinggil
Saya dan pak Kelik menyempatkan berswafoto seusai bincang-bincang seputar Sasono Hinggil [dok. pri]
Bicara Jogja, kali ini saya hendak berbagi informasi seputar wisata di kota pelajar tersebut. Ada 5 Kegiatan Seru untuk Menghabiskan Libur Lebaran di Jogja. Sebentar lagi bulan Ramadhan, ini artinya umat islam diwajibkan berpuasa selama 1 bulan. Dan pada 1 Syawal tentunya merayakan Hari Raya Lebaran. Saya kira pas ya kalau bicara soal liburan lebaran, iya nggak?

Nah, lebaran merupakan waktu yang sangat tepat untuk melepas rindu dan berkumpul bersama keluarga. Usai merayakan hari raya bersama, menyempatkan waktu untuk berlibur ke Jogja tentu bisa membuat momen lebaran semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Jika Anda berencana untuk mengajak sanak keluarga berlibur ke Kota Gudeg libur lebaran nanti, berikut adalah beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

5 Kegiatan Seru untuk Menghabiskan Libur Lebaran di Jogja

[1] Melihat Upacara Grebeg Syawal

Melihat Upacara Grebeg Syawal

Di Jogja, ada sebuah tradisi unik yang sangat sayang untuk Anda lewatkan saat Hari Raya Idul Fitri, yaitu tradisi Grebeg Syawal. Grebeg Syawal merupakan upacara adat Keraton Yogyakarta Hadiningrat yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah, atau bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi ini merupakan perwujudan dari Hajad Dalem atau sedekah sultan kepada rakyatnya, yang disimbolkan dengan gunungan besar sesaji berbentuk kerucut dan berisikan beragam hasil bumi seperti kacang panjang, cabai, dan lain sebagainya.

Saat keluar dari Pagelaran, prajurit Keraton akan menembakkan salvo sebanyak tiga kali sebagai wujud penghormatan. Selanjutnya, gunungan tersebut akan diarak dari Bangsal Keraton menuju Masjid Agung Kauman, untuk kemudian didoakan oleh penghulu di serambi masjid.

Uniknya, sebelum selesai didoakan oleh penghulu, gunungan itu biasanya sudah diserbu oleh masyarakat untuk diambil sebagian sebagai tanda keberuntungan.

[2] Berpetualang di Gua Pindul

Berpetualang di Gua Pindul

Menikmati suasana alam sambil memacu adrenalin di Gua Pindul adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan di Jogja. Melalui wahana cave tubing Gua Pindul, Anda bisa menelusuri alisan sungai di bawah gua-gua karst dengan cara mengapung di atas ban karet.

Petualangan ini tentunya akan semakin seru jika dilakukan bersama keluarga dan kerabat-kerabat dekat. Dengan arus sungai yang tenang, aktivitas ini pun cukup aman untuk dilakukan oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Apalagi, setiap kelompok nantinya juga akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan mengajak Anda menelususi lorong gua sepanjang 350 meter.

[3] Snorkeling di Pantai Nglambor

Snorkeling di Pantai Nglambor


Berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya yang memiliki ombak tinggi dan besar, Pantai Nglambor memiliki ombak yang lebih tenang dan berair dangkal, sehingga sangat cocok untuk berenang ataupun snorkeling.

Pantai Nglambor ini memiliki pemandangan pantai yang begitu indah dan memesona. Letaknya yang terhimpit oleh Pantai Siung dan Jogan juga membuat pantai ini menjadi tempat wisata yang tersembunyi.

Dari pantai, Anda akan melihat dua batu karang besar yang berbentuk seperti kura-kura. Selain menambah kecantikan Pantai Nglambor, batu karang tersebut juga berfungsi sebagai penahan ombak yang membuat perairan dangkal di tepi pantai dan terumbu-terumbu karang di sekitar pantai terbebas dari terjangan ombak besar.

Pantai ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk mencapai bibir pantai, Anda bisa memarkir kendaraan di pinggir jalan yang sedikit jauh dari pantai dan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.

[4] Menikmati Berbagai Wahana Seru di Sindu Kusuma Edupark

Menikmati Berbagai Wahana Seru di Sindu Kusuma Edupark

Selain memiliki tempat-tempat wisata alam yang indah, Jogja juga memiliki wahana bermain yang bisa Anda jadikan destinasi saat libur lebaran nanti, yaitu Sindu Kusuma Edupark. Taman rekreasi yang baru dibuka pada tahun 2014 ini berlokasi di Jalan Magelang KM. 2, Sinduadi, Mlati, Sleman Yogyakarta.

Di sini, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Mulai dari berkeliling Sindu Kusuma Edupark dengan kereta api wisata, melompat-lompat di wahana trampolin, berayun-ayun di wahana swinger atau kursi ayun, bermain bumper car, menikmati pemandangan Kota Jogja dari kincir angin, menonton pertunjukan theater 7 dimensi, mengenal kesenian khas Yogyakarta, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp50.000,00 per orang, dengan rincian Rp15.000,00 untuk tiket masuk dan Rp35.000,00 sebagai deposit yang bisa Anda gunakan untuk menikmati aneka wahana yang disediakan.

[5] Bermain Air di Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Bermain Air di Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Jika ingin menikmati wahana permainan air, Anda bisa merujuk pada Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark. Taman wisata air seluas 7.7 hektare ini diklaim sebagai waterpark terluas, tercanggih, dan terlengkap di Indonesia.

Di dalamnya, ada sekitar 19 wahana permainan air yang bisa Anda mainkan sepuasnya. Salah satunya yang menjadi unggulan adalah wahana “How to Survive in Tsunami and Earthquake”, yang akan mengajarkan Anda untuk menyelamatkan diri dari tsunami dan gempa bumi lewat simulasi ombak yang mirip dengan ombak tsunami sebenarnya.

Tempat wisata keluarga ini berlokasi di Jalan Stadion Utama, Maguwoharjo, Depok, Yogyakarta. Untuk masuk ke dalam, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp60.000,00 untuk anak-anak dan Rp90.000,00 untuk dewasa.

Itulah beberapa kegiatan seru di Jogja yang bisa Anda lakukan saat libur lebaran nanti. Jika Anda mencari hotel murah di Jogja sebagai tempat beristirahat, Anda juga tidak perlu khawatir. Karena kota ini memiliki banyak pilihan penginapan yang nyaman dan cukup bersahabat.

Beberapa pilihan hotel murah di Jogja yang bisa Anda pilih di antaranya ada Allstay Hotel yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, Yellow Star Gejayan Hotel yang berlokasi di Jalan Gejayan, Hotel Horison yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan merogoh kocek mulai dari Rp200.000,00 sampai Rp500.000,00, Anda sudah bisa mendapatkan hotel murah di Jogja dengan kenyamanan dan fasilitas yang cukup mumpuni. Di setiap kamarnya sudah tersedia televisi layar datar, pendingin ruangan, perlengkapan mandi, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Untuk memudahkan Anda dalam mencari penginapan murah di Jogja, Anda bisa mengunjungi website atau aplikasi situs booking online seperti Traveloka, AiryRooms, atau yang lainnya untuk melihat berbagai pilihan hotel yang ada.

Melalui situs-situs tersebut di atas, biasanya Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga terbaik dari berbagai promo dan diskon khusus yang ditawarkan setiap harinya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan lebaran Anda mulai dari sekarang! [w3/05-td]

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapat Anda? Silakan :)