Menggali Bakat Anak yang Potensial

Menggali Bakat Anak yang Potensial – Pada hari kemerdekaan 17 Agustus, masyarakat Indonesia lazim merayakannya dengan menggelar lomba dan panggung hiburan. Pun dengan warga Soreang Indah domisili saya dan anak istri menetap. Di rumah, Nadya putri bungsu kami bersama dengan teman-temannya begitu antusias mengikuti lomba dan mengisi panggung hiburan.

Jadi waktu itu, usai dari pagi-pagi mengikuti sepeda hias, pada malam harinya Nadya mengisi hiburan dengan menari bersama dengan teman-temannya yang lain. Saya mulai tersadar, “Ada potensi juga anak ini .. rupanya.”

Ditambah lagi ketika ibunya – Risya memvideokan saat Nadya menari. Saya semakin tahu kalau dia berbakat di dunia seni. Menyadari potensinya ini diketahui secara tidak sengaja, sejak itu saya mulai faham bahwa potensi anak bisa kita gali.

***

Bicara Menggali Bakat Anak yang Potensial salah satunya bisa kita lakukan lewat ajang kreatifitas. Seperti yang dilakukan oleh Amanda Brownies Indonesia – hari ini (Minggu, 8/10) tengah menggelar Amanda Kidz Show. Di awal pembukaan acara, Rio selaku manager marketing Amanda Brownies pun menyampaikan harapannya.

Rio, manager marketing Amnda Brownies Indonesia tengah membuka acara Amanda Kidz Show
Rio, manager marketing Amanda Brownies Indonesia tengah membuka acara Amanda Kidz Show [dokpri]
“Saya berterima kasih kepada orangtua yang sudah membawa anak-anaknya untuk mengikuti acara hari ini,” ujar Rio.

Pak Rio menambahkan “Semoga dari acara ini ditemukan anak-anak yang menonjol talentanya sesuai minatnya.”

Saya yang juga hadir di acara Amanda Kidz Show pun merasa ini sebuah langkah yang baik yang dilakukan oleh Amanda Brownies ketika ingin Menggali Bakat Anak yang Potensial.

Acara yang berlangsung dari siang sampai menjelang sore ini bertempat di Outlet Amanda Brownies Dago. Memperhatikan anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai, jamak yang menunjukkan kemampuannya dalam memadukan warna dan gradasinya lucu-lucu.

Menggali Bakat Anak yang Potensial

Pun dengan anak-anak yang ikut lomba fashion show, seakan-akan harus tampil sempurna anak-anak berjalan di atas catwalk dengan sangat baik. Mereka begitu percaya diri berlenggak-lenggok.

Oke kalau itu perempuan .. Saya lumayan terpukau dengan penampilan peserta lomba laki-laki. Ia mengenakan tema TNI. Di sisi panggung, ayahnya begitu bangga dan tidak jarang mendukung anaknya agar tampil baik di depan juri.

Memang bagus sekali cara anak tersebut, sudah seperti model profesional hanya saja ia masih anak-anak. Saya prediksi, rasa-rasanya anak ini salah seorang peserta yang akan menang.

Animo peserta cukup besar tentunya perlu disikapi. Hal ini dibenarkan oleh pak Rio bahwa di di waktu-waktu mendatang pihaknya akanmenjadwalkan event Menggali Bakat Anak yang Potensial ini secara rutin.

Salah satu ayah dari peserta pasanggagiri jaipong bernama Andri sempat saya ajak berbincang-bincang. Ayah dari Naila Maulidia ini sengaja datang dari Padalarang untuk mengikuti ajang Amanda Kidz show di outlet Amanda Brownies Dago. Ia begitu berharap acara seperti ini bisa dirutinkan.

Menggali Bakat Anak yang Potensial

Yang menarik, anaknya adalah seorang yang pemalu. Awalnya dirinya tidak percaya akan talenta potensial di bidang menari termasuk jaipong yang dikuasai Naila. Setelah tergali bakat sang buah hati, Andri pun mengarahkan bakat Naila dengan memasukkan anaknya ke sebuah sanggar seni. Dari yang awalnya sebagai seorang anak perempuan yang pemalu, sekarang kalau lama tidak menari di atas pentas, Naila suka tanya, “Kapan ada panggung lagi (untuk menari jaipongan-red)?”

“Betul itu, kang,” ujar Andri meyakinkan saya.

Pemandangan ini membuktikan … Apabila orangtua mengarahkan bakat anak sejak dini mampu mengubah karakter secara drastis, seperti Nayla.

Berikut ini beberapa potret dari acara Amanda Kidz Show sebuah acara yang salah satu tujuannya untuk Menggali Bakat Anak yang Potensial.

Lomba mewarnai menyita perhatian orangtua untuk mendaftarkan putra/i nya di ajang Amanda Kidz Show (Minggu, 8/10)
Lomba mewarnai menyita perhatian orangtua untuk mendaftarkan putra/i nya di ajang Amanda Kidz Show (Minggu, 8/10)

Saat mengantar anak ke sebuah perlombaan kreatifitas, peran orangtua dalam mendampingi anakpun harus ekstra perhatian dan sigap. Karena kita tahu sendiri mood anak masih labil. Seperti di saat menunggu panggilan untuk tampil di Amanda Kidz Show.

Dan kelihatannya, orangtua sudah begitu cakap dalam mendampingi anak-anak mereka di acara Amanda ini. Seperti juga Andri dari Padalarang, Lenna ibunda dari Ayang Syahla asal Cibiru adalah contoh dari peran orangtua mendampingi anak saat mengikuti ajang pencarian bakat Amanda Kidz Show.

Ayang Syahla didampingi ibunya, Lenna asal Cibiru sudah begitu siap mengikuti lomba Fashion Show
Ayang Syahla didampingi ibunya, Lenna asal Cibiru sudah begitu siap mengikuti lomba Fashion Show.

 

 

Peserta Fashion Show tengah menunggu giliran tampil di Amanda Kidz Show
Peserta Fashion Show tengah menunggu giliran tampil di Amanda Kidz Show.

Anak-anak nampak sabar menanti giliran untuk tampil di acara Amanda Kidz Show.

 

Ade lucu ... Pose adek peserta lomba fashion show.
Ade lucu … Pose adek peserta lomba fashion show.

 

https://www.instagram.com/p/BZ-ayNzgzCq/

Itulah sedikit reportase saya dari Dago tempat berlangsung Amanda Kidz Show (Minggu, 8/10). Pembaca .. ingat ya .. Menggali Bakat Anak yang Potensial bisa dilakukan dengan mudah kok salah satunya biarkan anak maunya apa kemudian selanjutnya kita arahkan. [w2/10-ini]

atruna Author

KLIK SOREANG itu kependekan dari Komunikasi Lingkar Komunitas di Soreang. Untuk komunitas di Kabupaten Bandung yang berminat untuk mensosialisasikan kiprahnya, sila hubungi: kliksoreang@gmail.com