All Star Facilitator Gapura Digital

Itulah sebutan yang diberikan oleh Tim Gapura Digital bagi setiap fasilitator yang sudah 1 semester ini mendampingi para peserta kelas Gapura Digital bagi UMKM. Kenapa saya sebut, ‘setiap’? Karena saya yakin ada banyak fasilitator Gapura Digital di beberapa kota besar Indonesia yang juga mendapatkan julukan All Star Facilitator Gapura Digital di emailnya pagi ini (Rabu, 11/2017).

Belum kering keringat seusai menambal ban tubeless motor, saya masuk ke dalam rumah lalu membuka laptop dan mendapati email dengan subjek: [BDG] Pengumuman Fasilitator Gapura Digital Terpilih untuk Kelas Handal Digital. Diiringi rasa penasaran, saya pun membukanya dan isinya seperti ini …

Dear Ade Truna,
Selama sekitar enam bulan terakhir, Tim Gapura Digital telah melakukan observasi terhadap performa para fasilitator kelas di 10 kota.
Dari seluruh fasilitator yang ada, kami mencoba menyeleksi beberapa yang kami nilai dapat berkontribusi lebih bagi pengembangan UKM di kota masing-masing.
Para fasilitator terpilih inilah yang akan kami undang untuk bergabung menjadi All Star Facilitator Gapura Digital tanpa perlu mengikuti proses seleksi lanjutan.
Untuk itu, kami ingin mengucapkan SELAMAT karena kamu telah terpilih menjadi salah satunya.

Senang sekali rasanya, Alhamdulillah….

Bukan! Bukan sekadar julukan all star yang bikin saya bahagia, akan tetapi ada yang lebih membanggakan dari itu semua. Saya benar-benar merasa bangga bisa berkontribusi lebih bagi pengembangan UKM di Bandung.

Hari ini banyak sekali pelakuk UKM yang sukses dan maaf — mereka terlena dengan keberhasilan usaha mereka secara offline. Ini saya dapatkan lewat pengamatan yang sudah saya lakukan di sela-sela waktu saat melakukan pendampingan.

Hal ini kerap saya sampaikan langsung kepada peserta pelatihan di awal membuka kelas, bahwa sekarang waktunya bagi pelaku UKM untuk Go Online. Tujuannya agar mampu mengimbangi kecakapan (skill) yang selama ini dimiliki. Saya menyampaikan ini sebelum bicara data yang disebutkan dalam penelitian Deloitte.

Fakta menyebutkan di Indonesia hanya ada 9% pelaku UKM yang aktif memanfaatkan strategi digital di bisnisnya. Padahal, dengan aktif memanfaatkan strategi digital memungkinkan usahanya tumbuh pesat hingga 80% lebih cepat dibandingkan bisnis offline.

Memotret dan mencetak UKM GO Online

Ah, sudah dulu deh ya?! Inti dari artikel kali ini sih saya hanya ingin mencurahkan rasa bahagia saja …

Memotret dan mencetak UKM GO Online
Memotret dan mencetak UKM GO Online

Sekali lagi saya begitu bangga bisa berkesempatan memotret dan mencetak pelaku UKM Go Online — Ok, cheers!

atruna Author

KLIK SOREANG itu kependekan dari Komunikasi Lingkar Komunitas di Soreang. Untuk komunitas di Kabupaten Bandung yang berminat untuk mensosialisasikan kiprahnya, sila hubungi: kliksoreang@gmail.com