Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta

Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta

Sebuah artikel terkadang menjadi tidak menarik alias terkesan hambar jika tidak dilengkapi dengan 1 atau 2 foto di dalamnya. Hal ini sangat beralasan karena sebuah gambar atau foto yang melengkapi sebuah artikel justru akan mendongkrak interest dari postingan ketika artikelnya terkesan biasa-biasa saja. Oh ya konteks artikel di sini mengacu pada blogger seperti saya ūüôā

Jadi wajar bila hari ini jamak dari blogger yang menganggap bahwa keberadaan gambar atau foto di setiap artikel sangatlah penting. Dan saya rasa dengan hadirnya video blogging sampai dengan hari ini masih bisa jalan beriringan. Pasalnya, untuk urusan nge-vlog pun masih diperlukan kecakapan (skill) olah foto dan gambar – seperti saat membuat gambar mini (thumbnail) masih memerlukan foto editor atau pengolah gambar serupa photoshop.

Nah, karena itulah pada hari Minggu yang telah lewat (21 Januari 2018) di Jakarta saya memenuhi ajakan Kelas Blogger untuk mengikuti Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta. Acara digelar pada pukul 8 pagi, sementara saya rumah di Bandung (kabupaten, di Soreang).

Kalau biasanya dari Soreang ke jakarta saya harus persiapan pergi ke sebuah acara yang digelar pukul 12 siang saja itu berangkatnya pada pukul 4 subuh dan harus ke kota Bandung! Nah, kali ini saya takperlu berbuat seperti itu lagi. Acara jam 8 pagi pun saya bisa dengan leluasa berangkat pukul 5 pagi keluar rumah dan naik travel pada pukul 6 pagi.

Kok bisa? Tentu saja bisa sebab hari ini di kota Soreang semenjak dibukanya Tol Soroja ada Baraya Travel yang siap mengantar setiap penumpang yang hendak pergi ke Jakarta dengan banyak pilihan jadwal keberangkatan, bahkan walau hanya 1 orang penumpang saja pun kendaraan tetap diberangkatkan. Cerita tentang Travel Baraya sudah saya ceritakan di sini.

Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta

Sekarang kita kembali fokus pada pembahasan utama dari pengalaman saya ikut Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta. Jam 8 pagi mobil sudah mengarah tujuan akhir yaitu Pool Baraya Travel Melawai. Taklama setelah turun dari kendaraan saya memesan ojek online dengan tujuan utama ke bilangan jalan Rasuna Said.

Saat dimintai berbagi lokasi, saya pun dipandu map yang di-share oleh teman-teman kelas blogger di grup WA kalau saya harus menuju Menara Palma, Annex Building P11 JL.Hr. Rasuna Said X2 Kav.6 Jakarta Selatan. Dengan petunjuk arah tersebut, dengan titik awal pool Baraya Travel Melawai Рtidak sampai 10 menit saya sudah berada di lokasi pelatihan.

selamat datan di tekape kaskus playground
selamat datan di tekape kaskus playground ..

Saya berada di kegiatan keren ini tidak sendiri -maksudnya blogger asal Bandung, sudah ada pak dosen yang juga blogger yang memiliki ciri khas menulis secara mendalam dan ilmiah yaitu Abah Raka menemani saya untuk sama-sama belajar photoshop.

Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta
saya dan Abah Raka di Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta [dok pri]
Minggu pagi kemarin pun (21/01) kembali saya berjumpa dengan pentolan Kelas Blogger, mulai dari Kang Arul dan Istri, Bang Udin, Kang Dudi serta Mas Kholis. Chit-chat sebentar di kantin milik Kaskus, saya dan peserta yang lain pun diajak untuk masuk ke sebuah aula yang cukup besar dengan posisi tempat duduk kayak bioskop lalu di depannya terdapat panggung dengan space putih di dinding panggung untuk menampilkan video atau gambar siapa saja yang tampil di sana.

adetruna dan para pentolan Kelas Blogger Kang Arul dan istri juga bang udin dan abah raka
Foto bareng pentolan Kelas Blogger ūüėÄ

Yang menjadi pemandu acara (Master of Ceremony) pada Minggu pagi itu adalah Agil kalau di Instagram doi admin akun AgilJolie (silakan follow). Acara penuh keakraban, itu semua tidak lepas dari kepiawaian sang pemandu acara yang begitu menghibur. Skill menghibur ini perlu apalagi peserta yang tidak terlalu membludak seperti kemarin.

Taklama dari membuka Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta Рpeserta pun langsung diajak oleh mas Agil untuk menyimak pemaparan dari narasumber, Kang Hafiez Agam Рseorang street fotografer yang penuh pengalaman mengolah dan mengedit foto lewat Photoshop.

Di hadapan peserta setelah memperkenalkan dirinya, Hafiez Agam langsung memaparkan hal mendasar tentang kebutuhan blogger akan foto atau gambar untuk melengkapi artikel. Untuk itulah setiap pengguna photoshop dianjurkan mengenal dan membiasakan menggunakan alat atau tools seperti; mengubah ukuran foto (resizing), memangkas foto (cropping) dan mewarnai foto (coloring).

Resizing Image (Mengubah Ukuran Foto)

Misalnya, ukuran asli sebuah foto memiliki resolusi yang tinggi sedangkan sebuah artikel tidak perlu citra atau gambar yang tinggi-tinggi amat resolusinya. Sementara kita sama-sama maklumi bahwa citra atau image dengan resolusi yang tinggi akan membuat blog menjadi berat untuk dibuka.

Pengguna internet alih-alih membaca sebuah artikel dari blog yang kita share Рmereka malah akan langsung menutup blog yang berat tersebut. Untuk itu perlu langkah memperkecil resolusi gambar atau foto yang akan dipasang melengkapi artikel agar menjadi ringan saat dibuka.  Nah, agar bisa mengubah ukurannya bisa teman-teman lakukan di photoshop. Langkah ini dikenal dengan istilah resizing.

Foto berikut ini sebagai contohnya …

contoh ukuran asli hi-res sebuah foto

Foto di atas ukuran aslinya terbilang besar, 1600px X 1200px – berdasarkan pengetahuan yang diberikan oleh Kang Hafiez kita bisa mengubahnya sesuai keinginan kita. Foto tersebut saya ubah menjadi 600px adapun tingginya menyesuaikan dengan sendirinya (automatically).

Caranya, perhatikan menu di Photoshop teman-teman paling atas lalu klik image lalu klik image size. Lebih jelasnya perhatikan foto berikut ini.

Setelah itu teman-teman akan diajak masuk ke menu ukuran foto – dari sini kita bisa mengubah ukuran asli sebuah foto (resizing). Perhatikan contoh di bawah ini …

mengubah ukuran asli sebuah foto sesuai keinginan kita

Di kolom lebar (width) teman-teman bisa memasukkan nilai yang dikehendaki – kalau contoh yang saya berikan dengan menulis angka 600px sedangkan tingginya akan menyesuaikan dengan sendirinya selama teman-teman tidak menekan ikon rantai tertutup menjadi terbuka.

Cropping (Memangkas foto)

Materi selanjutnya yang telah dipaparkan oleh kang Hafiez adalah cara memangkas sebuah foto atau istilah populernya cropping. Ada banyak manfaat dari pemangkasan gambar atau foto di Photoshop, salah satunya adalah ketika kita ingin berkreasi dengan foto itu sendiri.

Perhatikan foto berikut …

contoh cropping atau memangkas foto

Contohnya memberi outline Рkalau photoshop sendiri menyebutnya dengan stroke Рpada foto yang kita kehendaki. Caranya pilih menu pen tool yang ada di sisi kiri Photoshop lalu teman-teman buat garis mengikuti batas gambar yang akan di-cropping dengan menyambung dari titik ke titik sampai selesai lalu foto kita crop.

Coloring (Pewarnaan)

Mewarnai yang dimaksud oleh kang Hafiez adalah merekayasa warna dari foto sehingga bisa lebih bagus, lebih terang dan menarik dibandingkan foto aslinya. Sebab tidak jarang keaslian sebuah foto yang kita punya tertangkap dengan cahaya yang minim (low light).

Nah dengan menggunakan photoshop kita bisa mengubahnya sesuai dengan yang kita harapkan dan menjadi lebih baik tentunya.

Di dalam pembahasan tentang pewarnaan saya dan peserta lain diajak untuk mengenal beberapa istilah lain dari aplikasi photoshop seperti; histogram, curves, level dan masking. Mas Hafiez cukup baik saat merespon pertanyaan dari Abah Raka terkait dengan teknik menggunakan masking.

Sehingga Pelatihan Photoshop Bareng Kelas Blogger di Kaskus Playground Jakarta yang sudah memasuki volume ke-19 inipun fokus menjawab pertanyaan dari blogger yang memiliki nama resmi Dudi Rustandi tersebut. Dan sebagai catatan akhir dari pemaparan kang Hafiez adalah soal teknis.

Agar kita mengetahui riwayat dari pekerjaan olah foto di photoshop secara lengkap maka disarankan untuk menyimpan hasil olah foto tersebut ke dalam format psd (photoshop datafile). Tujuan, ketika kita membuka kembali maka riwayat pekerjaan kita yang terdahulu masih tersimpan berupa layer-layer yang banyaknya sesuai dengan yang sudah kita kerjakan.

Teman-teman pun bisa memanfaatkan menu Save for Web and Devices yang ada di Menu > File > Save for Web & Devices – saat ketika teman-teman akan mengubah format dari psd ke jpg untuk kelengkapan artikel di blog.

Seru! Kelas BLogger ke-19 kemarin seru sih apalagi saya dapat hadiah sebagai pemenang foto ter apa lah terserah haha! Atas kemenangan tersebut saya diganjar hadiah berupa 1 botol parfume BVLGARI original.

Sebelum acara benar-benar usai, sebagai tuan rumah, Kaskus pun berkesempatan menginformasikan tentang perkembangan bisnis mereka dewasa ini.Termasuk memberi kabar menarik seputar bagaimana hari ini warganet bisa monetisasi Kaskus lewat program Kaskus Creator: Rangkai Kata Menjadi Ka(r)ya.

Dari sini pun Kaskus menegaskan bahwa siapa saja bisa mengikuti program tersebut, pasalnya KASKUS Creator saat ini sudah menjadi tempat bagi agan (sebutan populer pengguna Kaskus) yang punya hobi di dunia tulis menulis untuk mengembangkan serta menambah penghasilan.

Raja dan Agan-Agan dari Kaskus saat menjelaskan tentang Kaskus Creator
Raja dan Agan-Agan dari Kaskus saat menjelaskan tentang Kaskus Creator [dok pri]
Mendapat informasi seperti itu, saya sontak login akun Kaskus yang sudah banyak dihinggapi laba-laba berikut sarangnya – karena lama tidak dikunjungi ha..ha..ha – lalu mengisi form yang dipandu langsung oleh admin-admin Kaskus yang pada hari Minggu waktu itu pun turut hadir di Kaskus Playground.

Peserta Kelas Blogger tengah Mendaftar Kaskus Creator
Peserta Kelas Blogger tengah Mendaftar Kaskus Creator [dok pri]

Kaskus pun menyebutkan bahwa Portal Forum Terbesar di Indonesia ini adalah rumah bagi siapa saja yang menemukan dan memenuhi segala informasi yang dibutuhkan oleh warganet.

Dan yang menarik untuk saya share kali ini adalah pengalaman berbagi makanan atau cemilan yang menjadi kebiasaan Kelas Blogger. Hampir di setiap kelas yang digelar, mereka senantiasa memberi tugas kepada peserta kelas yang mengikuti setiap seri kelas untuk membawa potluck berupa makanan yang nantinya disantap bareng-bareng di jam makan siang atau setelah pelatihan berakhir.

Suasana buka potluck - makanan yang dibawa oleh peserta dari peserta untuk peserta
Suasana buka potluck – makanan yang dibawa oleh peserta dari peserta untuk peserta [dok pri]
Itulah pengalaman yang bisa saya informasikan kepada Anda – pembaca …. Oh ya, kalau Anda penasaran dengan program Kaskus Creator – silakan masuk ke tautan ini sekarang juga. Sampai jumpa dan selamat beraktifitas!

You May Also Like

About the Author: atruna

KLIK SOREANG itu kependekan dari Komunikasi Lingkar Komunitas di Soreang. Untuk komunitas di Kabupaten Bandung yang berminat untuk mensosialisasikan kiprahnya, sila hubungi: kliksoreang@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *