Apa Cuma Saya Aja yang Suka Grogi Sebelum Tampil Bicara?

Apa Cuma Saya Aja yang Suka Grogi Sebelum Tampil Bicara?

Apa Cuma Saya Aja yang Suka Grogi Sebelum Tampil Bicara? Belum lama ini (Kamis, 13/12) saya memenuhi undangan dari Dinas PMPTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Jawa Barat di Hotel Papandayan Bandung. Isi surat undangan meminta kesediaan memberikan paparan tentang media digital untuk pelaku IKM/UKM. Saya pun hadir bersama dengan seorang rekan Penggerak Bukalapak yang sama-sama berdomisili di Bandung; Gengen – namanya.

View this post on Instagram

Latepost. #PenggerakBukalapak

A post shared by =AtrunA= (@adetruna) on

Tampil berbicara dengan membawakan tema, “Kenapa Hari Ini Pelaku UKM Harus Berjualan Online di Bukalapak?” saya menjadi pembicara pertama. Kemudian Gengen tampil sebagai pembicara kedua dengan memberikan paparan tentang Strategi Berjualan di Bukalapak.

Apa Cuma Saya Aja yang Suka Grogi Sebelum Tampil Bicara?

Selalu, di beberapa jam sebelum tampil suka muncul perasaan gugup karena akan segera ke depan panggung dan bicara. Nah, menghalau ini semua, hal yang paling utama dilakukan adalah memastikan materi. Saya periksa materi – dengan begitu saya suka merasa tenang. Kalau masih belum juga, saya coba minum dan atur nafas atau mengajak bicara orang yang berada di kanan kiri kita. Itu 🙂

Dan kemarin … Saat tampil berbicara, di ruangan suhunya cukup dingin oleh hembusan AC (air condition), keadaan ini cukup membuat peserta yang hadir terdiam dan hening. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya, entah dengan pembicara yang lain. Segera saya keluarkan jurus; mengajak audiens agar terlibat dalam pembicaraan yang saya tengah sajikan.

Sebagai contoh, di awal perkenalan – saya bilang seperti ini, “Nama saya adetruna … Saya saat ini tengah aktif sebagai fasilitator Penggerak Bukalapak.”

“Dari kecil hingga gede seperti sekarang, saya tetap dipanggil ….?”

“Adeeeee !!!,” jawab hadirin dengan serempak.

Langsung tuh batin saya teriak, “Yes, berhasil!”

Pembaca, tau gak? Guyonan ini cukup ampuh bagi saya ketika berhadapan dengan pemirsa seminar dan saya belum begitu yakin apakah mereka bisa diajak untuk terlibat dalam pembicaraan saat saya di depan mereka. Biasanya sih saya berhasil … Seperti saat kemarin di Hotel Papandayan bersama Dinas PMPTSP Jawa Barat.

Apa Cuma Saya Aja yang Suka Grogi Sebelum Tampil Bicara?

Swa Foto Bersama dengan Moderator dan Nara Sumber lain saat acara Dinas PMPTSP JABAR Hotel Papandayan Bandung
Swa Foto Bersama dengan Moderator dan Nara Sumber lain saat acara Dinas PMPTSP JABAR Hotel Papandayan Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Go Top