Cara Menggunakan Google Sites dengan Maksimal

Cara Menggunakan Google Sites dengan Maksimal – Pembaca, apa kabar? Semoga senantiasa diliputi kesehatan ya karena dengan sehat kita bisa melakukan semua aktifitas yang sudah kita agendakan. Amiiin …

Kali ini saya hendak berbagi cara menggunakan Google Sites dengan maksimal. Tapi bukan saya pesimis Anda tidak tahu, “Apa itu Google Sites?” Siapa tahu masih ada yang belum tahu tentang ini. Saya coba refresh kembali aja ya …

Bersumber dari beberapa artikel yang saya temukan di Internet, saya coba simpulkan; Google Sites merupakan sebuah halaman utama yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja yang menggunakan internet. Semua orang bisa membuat halaman informasi dengan mudah baik individu ataupun komunitas.

Pengguna Google Sites memiliki hak akses dan berbagi akses halaman editor dengan pihak-pihak yang dia kehendaki. Tentunya akan ada lebih dari 1 orang yang bisa menjadi administrator Google Sites yang telah dibuat.

Sejarah mencatat kalau Google Sites merupakan platform yang diperoleh oleh Google lewat pengakuisisian. Adalah jotSpot, aplikasi website yang ditujukan untuk perusahaan sekelas SOHO (Small Office Home Office) pada Oktober 2006 diambil alih kepemilikannya oleh Google – lantas namanya menjadi Google Sites.

Google Sites sendiri di awal kiprahnya bernama Google Page Creator – sebuah aplikasi tempat semua orang berbagi pengalaman atau mempromosikan brand sebuah produk atau jasa.

Cara Menggunakan Google Sites dengan Maksimal

Kembali pada inti dari artikel kali ini, pembaca akan saya ajak untuk menggunakan Google Sites secara optimal. Langsung saja yuk?!

Pertama-tama, silakan masuk ke halaman Google Sites di sini. Apabila sudah ditemukan, silakan login untuk bisa masuk ke dashboard. Tidak perlu bingung, untuk bisa login kita cukup memasukkan alamat email seperti biasanya.

Langkah selanjutnya, klik simbol tambah yang terdapat di sudut kanan bawah. Lalu silakan Anda pikirkan konten dan tuangkan semuanya di sini. Apabila sudah, silakan tayangkan.

Lalu, apa yang bisa kita maksimalkan? Setelah kita membuat Google Sites berikut kontennya. Kita bisa memaksimalkan dengan berbagai ide, contohnya saat kita menulis maka kita akan menemukan kata kunci tertentu dan bisa kita sisipkan tautan yang mengarahkan pembaca untuk mengetahuinya.

Dan masih banyak hal lain yang bisa Anda temukan lalu dimaksimalkan – karena itu silakan coba, praktekkan agar semuanya bisa tergambar dengan jelas.

Saat menulis di Google Sites – kita berkesempatan untuk menentukan siapa saja yang bisa melihat konten kita nantinya. Jadi sebelum ditayangkan akan ada pilihan untuk menentukan pembaca apakah mau public atau terbatas pada orang-orang yang kita tentukan saja.

Google Sites mampu melahirkan sebuah halaman bisnis yang lengkap – tidak ubahnya landing page profesional, kita bisa membubuhkan komponen penting seperti; teks, sematan kode html, file dari Google Drive.

Tidak itu saja, penggunanya bisa mengatur tata letak yang sudah disiapkan model layout-nya oleh Google Sites. Dan yang menarik, kita bisa membubuhkan daftar isi yang akan memudahkan pembaca memilih topik yang disajikan selain membuat artikel menjadi rapi.

FItur lain yang sudah bisa digunakan saat kita menyusun artikel menggunakan Google Sites adalah fitur tombol CTA (Call to Action), Gambar Berputar (Carousel), pemisah antara satu topik bacaan dengan bacaan lainnya.

Saat kita ingin mempertontonkan video, Google Sites sudah menyiapkan menu fitur YouTube yang bisa disisipkan dalam artikel. Begitupula dengan produk Google yang lain bisa menjadi pelengkap artikel kita, sebut saja; kalender, peta, dokumen, slide, spreadsheet, formulir serta diagram.

Contoh Pembuatan Konten menggunakan Google Sites
Contoh Pembuatan Konten menggunakan Google Sites

Bila melihat contoh, saya memanfaatkan Google Sites untuk personal branding. Anda bisa melihat langsung di sini.

Baik, itu saja artikel tentang Cara Menggunakan Google Sites dengan Maksimal. Selamat mencoba!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Go Top