Swafoto-Bareng-Sajidin-selaku-Kabid.-Dinas-Koperasi-UKM-Perdagangan-dan-Perindustrian-Pemkab-Sumedang

Mengisi Kelas e-Commerce Undangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sumedang

Mengisi Kelas e-Commerce Undangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sumedang – Belum lama ini saya bersama satu orang rekan dari Kios Agro; Kang Ari bertandang ke kota Sumedang. Tujuannya memenuhi undangan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang mengisi Pelatihan e-Commerce bagi Pengurus Koperasi Program Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM (PK2UKM).

Saya berdua dengan Kang Ari berangkat sore hari (Selasa, 25 Juni 2019) satu hari sebelum jadwal Mengisi Kelas e-Commerce Undangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sumedang. Kami bermalam di Hotel yang sama dengan penyelenggaraan acara, yaitu Hotel Amory di bilangan Jalan Mayor Abdurrahman nomor 101 Sumedang.

Kami menempati kamar hotel nomor 307 tentu saja itu berada di lantai 3. Yang agak unik dari Hotel Amory adalah tidak ada lift. Pernah suatu ketika, di saat coffee break saya menyempatkan kembali ke kamar. Tidak lama kemudian saya pun kembali ke kelas dengan langsung ambil mikropon dan bicara.

Mengisi Kelas e-Commerce Undangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sumedang

Apa yang terjadi? Saya bicara dengan suara tersengal-sengal, kontan saya pun berhenti bicara karena tidak bisa berkata dengan jelas. Rupa-rupanya saya melakukan hal yang tidak seperti biasanya, di hari itu nafas ini cukup kerepotan keseringan naik turun tangga hotel.

Pemkab Sumedang lewat Dinas Koperasi memiliki maksud ingin meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dengan mempelajari serta praktek menggunakan e-Commerce. Tepat pukul 11 siang (Rabu, 26 Juni 2019) saya pun memulai kelas dengan mengenalkan terlebih dahulu poin-poin penting yang menjadi dasar mengapa hari ini kita harus go online.

Di dalam kelas yang mengambil tempat di ruang pertemuan lantai 3 kemarin, saya berusaha menjelaskan tentang 5 hal penting yang harus dikelola oleh setiap pelaku usaha ketika siap go online, yaitu:

  1. Chat Messenger,
  2. Media Sosial,
  3. Website,
  4. e-Commerce serta
  5. Google My Business.

Peserta yang berjumlah sekitar 40 orang cukup antusias karena tidak saja teori, pada pelatihan ini diisi pula dengan praktek membuat website gratis sebagai fitur unggulan dari Google My Business (selanjutnya disingkat GMB).

Sosialisasi Startup Kios Agro

Selain praktek membuat akun GMB, di hari yang sama – peserta pun mendapatkan pengetahuan tentang sebuah markeplace khusus bidang agro. Sosialisasi startup Kios Agro ini dipaparkan langsung oleh direktur bidang pemasaran, Kang Ari.

Sebelum pelatihan usai, peserta diberikan kesempatan untuk memamerkan akun bisnis yang telah dibuatnya. Ada lebih dari 3 peserta yang berkesempatan tampil ke depan kelas dan menjelaskan Google My Business terkait produk yang akan dipasarkannya.

Salah satu akun GMB hasil dari praktek pada saat saya Mengisi Kelas e-Commerce Undangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sumedang kemarin adalah produk makanan pastry asal Tanjungsari; Rasuna Puff Pastry.

unit bisnis makanan roti Rasuna Puff Pastry Tanjungsari Sumedang
unit bisnis makanan roti Rasuna Puff Pastry Tanjungsari Sumedang

Website bisnis lain yang berhasil dibuat oleh peserta:

Payu Chips Snack

✓ Noola Cookie Brownies Mocaf

✓ Irma Hijab

✓ pcp Regiment HB air rifle

Tidak ketinggalan, peserta yang mengelola produk serta ada relevansi dengan hasil olahan makanan pun berkesempatan membuat akun Kios Agro yang dipandu langsung oleh Kang Ari.

Saya berusaha menjelaskan semua teori dan cerita bisnis online berdasarkan pengalaman pribadi kepada peserta kemarin. Ya … Mudah-mudahan bisa menjadi pemicu tambahan agar tetap semangat dalam menjalankan bisnis di era 4.0 ini.

4 thoughts on “Mengisi Kelas e-Commerce Undangan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sumedang

  1. Alhamdulillah dapet mentor kocak, ga bikin mata ngantuk dan materi yg disampaikan dapat diserap dengan mudah karena menggunakan bahasa yg simple.
    Terimakasih ilmunya, sukses terus Pak Ade…

    1. hatur nuhun – soalnya kalo sampai gak cair suasananya – gak kebayang membosankannya suasana pelatihan kemarin bu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Go Top