Categories
Bandung Bisnis Blog Soreang wisata

Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung

Keluarga Bisnis yang dimaksud judul artikel kali ini adalah sebuah kumpulan para pelaku UMKM bidang cemilan yang ada di Kabupaten Bandung. Rencana ini bermula ketika salah satu dari pelaku UMKM cemilan berupa makaroni yaitu; Kang Asep Sudarman datang ke tempat tinggal saya di medio Oktober 2018.

Waktu itu masih jelas dalam ingatan saya, owner dari Makaroni Brayy ini begitu yakin dengan kapasitas saya sebagai pelaku digital marketing untuk membuat sentra cemilan yang menyasar pasar online. Sebenarnya waktu itu saya pun responsif dengan yang dibicarakan. Terbukti waktu itu sepakat untuk mengawali optimalisasi produk cemilan secara online dengan meminta bantuan para food blogger mengulas Makaroni Brayy.

Berhubung keadaan waktu itu saya cukup disibukkan dengan kegiatan pendampingan UKM baik bersama Penggerak Bukalapak atau dengan Gapura Digital – sehingga tidak fokus mengelola produk cemilan di online secara penjualan, walaupun secara branding lumayan signifikan kami dapatkan nilai positifnya.

Hingga akhirnya pada awal bulan Nopember 2019, saya coba hubungi Kang Asep dan saya sampaikan bahwa sekarang saatnya kita coba mulai kembali rencana yang dulu pernah dibicarakan. Setelah kami mengagendakan pertemuan dengan bertemu langsung para pelaku UMKM Cemilan di Kabupaten Bandung, lahirlah satu wadah sebagai ajang berkumpul produk cemilan yang bernama Kios Cemilanku. Teman-teman bisa baca artikelnya: Silaturahim Keluarga Bisnis Kios Cemilanku РSilaturahim berjalan dalam suasana hangat dan penuh keakraban.

Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung

Beberapa hal yang telah dilakukan sebagai perwujudan dari mempersiapkan wadah keluarga bisnis UMKM produk Cemilan yaitu dengan mempromosikan produk yang terkumpul di Kios Cemilanku secara offline. Artinya secara fisik atau lahiriah produk cemilan yang bergabung dengan Kios Cemilanku terpajang di pusat oleh oleh Bandung.

Kini Kios Cemilanku bisa ditemukan di Wisata Oleh Oleh Bandung yang berlokasi di Cihampelas tepatnya di dalam gedung Residence Factory Outlet bersatu dengan tenant Punya Rasa. Langkah ini perlu ditempuh agar semua produk yang terkumpul di Kios Cemilanku memiliki potensi penjualan selama kami berusaha memaksimalkan semua produk yang terkumpul di ranah online.

Kios Cemilanku ada dilantai 2 bersama tenant Punya Rasa Cihampelas Bandung
Kios Cemilanku ada dilantai 2 bersama tenant Punya Rasa Cihampelas Bandung

Sebab pada dasarnya dari pertemuan Silaturahim Keluarga Bisnis UMKM Cemilan Kabupaten Bandung kemarin disepakati beberapa hal yang tertuang menjadi Visi dan Misi. Ada tiga poin sebagai Visi kami, yaitu;

  1. Pemanfaatan Teknologi dan Informasi bagi Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung.
  2. Memberi ruang kepada Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung dalam memaksimalkan akses pasar online: KIOS CEMILANKU.
  3. Membangun dan meningkatkan rasa kekeluargaan dan kekompakan di lingkungan Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung di era industri 4.0.

Serta satu poin sebagai misi kami ke depan, “Terus mendukung produk Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung dengan mengoptimalkan internet saat membuka akses pasar online.”

Tentu saja semua hal tersebut akan menjadi sia-sia jika hanya wacana semata, oleh karena itu saya dan teman-teman UMKM terus berusaha semaksimal mungkin agar ini semua bisa terwujud. Termasuk kontribusi berbagai pihak, bagi Anda yang tertarik membantu kami walaupun itu sebatas ide — kami dengan sangat terbuka membukakan pintu kolaborasi.

Kios Cemilanku kini sudah hadir di online, kami bisa ditemukan di Soreang dan Bandung. Produk yang tengah dipasarkan ada banyak;

  • Makaroni Brayy
  • Ranginang Menel
  • Kicimpring
  • Kerupuk Udang
  • Keripik Peuyeum
  • Cokelat

Anda pelaku UMKM Kabupaten Bandung? Yuk, menjadi bagian dari Keluarga Bisnis UKM Kabupaten Bandung sekarang juga!

Sekali lagi… Untuk Anda pembaca dari luar kota dan akan jalan-jalan ke Bandung… Singgah sejenak di Wisata Oleh Oleh Bandung yang beralamat sama dengan Residence Factory Outlet, yaitu di jalan Cihampelas No.184, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40131.¬†Kios Cemilanku ada di lantai 2 bersama tenant Punya Rasa.

 

By atruna

Ade Setiadi Truna (Pengelola KlikSoreang.Com) pengalaman sebagai fasilitator PerpuSeru (2014), Driver Datsun Risers Expedition (2015), Fasilitator Gapura Digital (2016 hingga sekarang), Leader #PenggerakBukalapak (2018 - 2019), Co-Founder Kiosagro.Com (2019 hingga sekarang), Founder KiosCemilanku.Com (2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.