Categories
Blog Google

Kopdar Fasilitator Gapura Digital Bandung di Penghujung 2019

Tidak terasa perjalanan Fasilitator Gapura Digital Bandung masuk tahun ke-4! Sebagai saksi sejarah terbangunnya program Gapura Digital sejak awal (medio 2016) saya merasa bangga berada di dalamnya. Dan selayaknya pergaulan, selama rentang empat tahun terakhir diwarnai dengan hubungan komunikasi serta interaksi – ada positif dan negatif.

Ada fasilitator yang merasakan seperti tidak diberi informasi perkembangan program, saya sendiri merasa seperti tidak berimbangnya porsi menjadi pengajar – terutama di satu semester terakhir dan lain-lain. Nah, di Kopdar Fasilitator Gapura Digital Bandung di Penghujung 2019 kemarin (21/12) semuanya menjadi jelas.

Pembicaraan interaktif sesama kita sebagai fasilitator Gapura Digital Bandung berjalan terbilang alot dan mengharu biru. Masing-masing dari kami mengeluarkan uneg-uneg demi keberlangsungan program ini sehingga menjadi lebih baik di masa yang akan datang khususnya di 2020 besok.

Kopdar Fasilitator Gapura Digital Bandung di Penghujung 2019

Dari pertemuan ini pula sempat dibahas tentang adanya 5 (lima) hal yang menjadi sorotan dan target. Semuanya mengacu pada program yang tengah dikembangkan; “Grow With Google”, seperti;

  1. Pelaku Bisnis,
  2. Akademisi,
  3. Jurnalistik,
  4. Content Creator dan
  5. Startup.

Untuk lebih jelasnya teman-teman yang membaca artikel ini bisa langsung google-ing aja apa itu grow with google?

Kopdar Fasilitator Gapura Digital Bandung di Penghujung 2019 ini diadakan di jalan Nanas 11 tepatnya di Serantau Coffee Cihapit. Dari sore tidak terasa sampai pukul 21 seandainya tidak ada yang menghentikan – mungkin saja bisa hingga larut malam.

Sebagai bentuk terima kasih, fasilitator Gapura Digital dihadiahi Cake yang diberi dua buah lilin merah; angka 4 dan angka 1. Rupa-rupanya, tidak saja merayakan konsistensi kebersamaan Program Gapura Digital – hari kemarin pun menjadi perayaan satu tahunnya Women Will ~ sebuah inisiatif Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia. Wanita yang dapat mengakses peluang ekonomi akan sangat menguntungkan keluarga, komunitas, dan negaranya.

Pada kesempatan ini pun kami harus rela melepas kepergian salah satu dari tim, Kang Dendi – karena dirinya sudah tidak lagi bergabung dengan program Gapura Digital. Banyak orang kehilangan mengingat pria yang baru saja menikah ini menyimpan kesan yang sangat baik di mata teman-teman dekatnya.

Kopdar Fasilitator Gapura Digital Bandung di Penghujung 2019
Sebagian dari Kopdar Fasilitator Gapura Digital Bandung 2019

Itulah makna dari perjumpaan, selalu akan menyisakan perpisahan … Semoga sukses di tempat kerja yang baru kang 🙂

By atruna

Ade Setiadi Truna (Pengelola KlikSoreang.Com) pengalaman sebagai fasilitator PerpuSeru (2014), Driver Datsun Risers Expedition (2015), Fasilitator Gapura Digital (2016 hingga sekarang), Leader #PenggerakBukalapak (2018 - 2019), Co-Founder Kiosagro.Com (2019 hingga sekarang), Founder KiosCemilanku.Com (2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.