Categories
Blog Pengalaman

Senang Rasanya Bisa Melayani Kebutuhan Cetakan via Online

Cetakan yang dibutuhkannya, antara lain 100 lembar stiker transparan, “Waroeng Teras” ukuran 5cm untuk ditempel di gelas minuman, 100 lembar stiker vinyl dan 1 set X Banner ukuran standar (160cm x 60cm).

Itulah yang saya rasakan. Lewat Soreangku Print On Demand, orang-orang menemukan jasa yang saya tawarkan. Apabila kebutuhannya terpenuhi mereka selalu berterima kasih yang takterhingga. Jadi, ya … Senang Rasanya Bisa Melayani Kebutuhan Cetakan via Online.

Membahas kebutuhan itu ada tingkatannya, mulai dari yang biasa, sedang dan tinggi.

Untuk tingkat kebutuhan jasa cetak digital printing yang biasa, ya mereka lebih leluasa. Terutama berbicara masa tenggat, ketika membuat kesepakatan sangat mudah; order masuk hari ini masa tenggat hingga 3 hari pun bisa kompromi.

Lalu kebutuhan dengan tingkat sedang, meski mereka itu butuh cepat tapi masih bisa diajak berkompromi untuk urusan deadline. Walaupun biasanya tidak lebih dari 24 jam, kebutuhan mereka harus sudah terpenuhi.

Bernada Kepanikan

Dan satu lagi, kebutuhan tingkat tinggi. Memang kebutuhan tingkat ini lah yang kerap terjadi dan saya hadapi. Awalnya pun saya sempat kaget, “orang-orang kenapa pengennya serba instan ya?” Buat spanduk minta ditunggu, “bisa dibawa sekarang gak?” atau, “Sekarang juga diproses ya, karena beberapa jam lagi mau dipasang?” Dan hal-hal serupa yang bernada kepanikan.

Seperti tadi malam (Minggu, 25/10), diawali dengan pesan lewat WA. Nomor kontak dengan tanpa nama karena belum tersimpan di kontak (menandakan pelanggan baru) langsung bertanya, “Posisi (alamatnya Soreangku Print on Demand-red) di mana? Saya ke sana.”

Pak Deden (setelah saya tahu dari profil WA beliau) nampak panik. Saya pun mempersilakannya untuk datang ke rumah.

Taklama kemudian datang dan tidak banyak basa-basi pak Deden meminta saya untuk membantunya mencetak 3 lembar spanduk dengan ukuran masing-masing satu meter. Siap print? Ternyata harus didesain dulu. Melihat konsep spanduknya sederhana hanya teks dan logo kecil di kiri atas–saya pun menyanggupi untuk bantu membuatkan hingga siap cetak.

Pulang dengan Pembawaan yang Nampak Lega

“Bapak pulang saja, spanduk akan saya antarkan ke rumah bapak. Share location saja di WA, gimana?” saya coba berikan penawaran.

Pak Deden menjawab, “Oh bisa diantar ya? Boleh-boleh.”

Pulang dengan pembawaan yang nampak lega, pak Deden memastikan lagi, “Tolong dibantu ya pak Ade,” saya pun mengiyakannya.

Singkat cerita, semua materi yang dibutuhkan pak Deden sudah siap cetak pada pukul 18-an lebih dikit. Saya kirim ke tim produksi lalu 2 jam kemudian selesai dengan finishing touch -nya yang rapi dan bersih.

Lalu spanduk yang masih fresh from the oven tersebut kami antar ke alamat yang dibagikan pak Deden. Terpenuhi kebutuhan

Kartu Undangan Tasyakuran Aqiqah

Rata-rata para pelanggan datang dengan kebutuhan mereka akan spanduk. Selebihnya, mereka memesan undangan, kartu nama, stiker dan banner baik x atau y. Termasuk pembuatan kartu undangan Tasyakuran Aqiqah. yang pengerjaannya sudah diselesaikan beberapa hari yang lalu.

Pemesannya, Kang Aep pada beberapa hari sebelumnya merasa pesimis bisa dibuatkan kartu undangan untuk syukuran kelahiran anaknya — mengingat anggaran yang dia punya terbatas.

Tapi saya yakinkan kalau dengan anggaran produksinya tersebut bisa dimaksimalkan; undangan tetap menarik. Akhirnya, Kang Aef pun memesan undangan sebanyak 550 lembar.

Bentuk dan penampilan undangan Tasyakuran Aqiqah-nya seperti ini.

Pelanggan saya ini senang sekali undangan untuk syukuran aqiqah putrinya terlihat menarik. Dan rasa puasnya tersebut diungkapkan lewat whatsapp.
Pelanggan saya ini senang sekali undangan untuk syukuran aqiqah putrinya terlihat menarik. Dan rasa puasnya tersebut diungkapkan lewat whatsapp.

Setelah mendapatkan undangan yang dipesannya itu, Kang Aep merasa senang sekali. Terbukti dari pesan yang dikirimnya kepada saya waktu kemarin (Jumat, 23/10).

A hilap abdi teh.. hatur nuhun pisan.. undangan na tos k tampi ku abi.. ayeuna ts uih deui k cisewu.. (A saya tuh lupa, terima kasih banyak, undangannya sudah saya terima. Sekarang udah pulang kembali ke Cisewu).

Pami jalan” k ranca.. kabaran abdi..ke ameng k abdi. (Kalau jalan-jalan ke Ranca, berkabar. Main-mainlah ke tempat saya).

Pelanggan yang Baik Asal Baleendah

Dan tadi sore (Sabtu, 24/10) kalau bicara Senang Rasanya Bisa Melayani Kebutuhan Cetakan via Online — saya membuatkan stiker dan X-banner sesuai yang diinginkan oleh pemesan asal Baleendah.

Kenapa saya katakan baik? Karena Ibu Lia (namanya), dari mulai komunikasi, diskusi desain cetakan hingga proses pembayaran tidak banyak kekhawatiran. Ibu Lia memberikan kepercayaan penuh kepada saya, dibuktikannya dengan mentransfer ‘uang tanda jadi’. Itulah Ibu Lia, Pelanggan yang Baik Asal Baleendah.

Kami cukup komunikasi lewat WA dan jarak Soreang dengan Baleendah memerlukan satu jam kalau menyengaja datang ke tempat kami. Belum tentu juga bisa sampai dengan cepat sebab biasanya terhadang kemacetan di beberapa titik, Pasar Banjaran misalnya.

Cetakan yang dibutuhkannya, antara lain 100 lembar stiker transparan, “Waroeng Teras” ukuran 5cm untuk ditempel di gelas minuman, 100 lembar stiker vinyl dan 1 set X Banner ukuran standar (160cm x 60cm).

Y Banner Waroeng Teras ukuran standar 160cm x 60cm
Y Banner Waroeng Teras ukuran standar : 160cm x 60cm
Stiker Waroeng Teras di Gelas

Senang Rasanya Bisa Melayani Kebutuhan Cetakan via Online

Baik … Itulah sekilas pengalaman saya mengelola bisnis jasa cetak digital printing. Semoga pembaca suka … Selamat beraktifitas!

By atruna

Adetruna : Driver 1k km Palu - Mamuju - Tana Toraja ajang Datsun Risers Expedition 2 Etape 2 Sulawesi, Fasilitator / Pendamping UKM JAWA BARAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *