Categories
Blog

Pengalaman Ganti Kartu Debet BRI

Saat pemeriksaan kartu ATM, dijelaskan kalau BRI saat ini tengah berusaha mengganti kartu ATM edisi lama dengan yang baru.

Kemarin pagi (Rabu, 22 Januari 2020), saya ada Pengalaman Ganti Kartu Debet BRI. Lucunya, bukan itu tujuan utama saya datang ke kantor cabang pembantu di bilangan BRI Kopo.

Saya datang ke kantor BRI untuk cek masih bisa dipakai dan ingin memastikan — mengingat sudah dormant — apakah rekening Tabungan BRI Simpedes yang beberapa tahun lalu saya pernah buat masih bisa dipakai?

Setibanya di Kantor Cabang BRI Kopo yang tidak jauh dari kawasan Bizpark atau Rumah Sakit Santosa Kopo ini saya langsung mendapat nomor antrian pada pukul 8.05 pagi.

Berselang sekira 10 menit saya dapat panggilan sesuai dengan nomor antri 705 di customer service paling pojok. Setelah duduk saya utarakan maksud utama saya datang. Lalu mbak CS yang saya lupa siapa namanya hehe — meminta waktu untuk memeriksa kesesuaian data (KTP, alamat rumah dan nama ibu kandung).

Pengalaman Ganti Kartu Debet BRI

Saat pemeriksaan kartu ATM, dijelaskan kalau BRI saat ini tengah berusaha mengganti kartu ATM edisi lama dengan yang baru. Termasuk kartu ATM BRI yang saya punya selama ini harus diganti. Dan akhirnya kartu lama saya pun diganti dengan kartu debet ATM BRI terbaru.

Perbedaan yang paling menyolok dari kartu lama dengan yang baru adalah adanya chip dan berlogo mastercard. Saya dapat menyimpulkan Biarpun saya nasabah Tabungan BRI Simpedes saat menginginkan Kartu ATM maka tetap akan diberikan kartu ATM berlogo Mastercard dan ada chip. Dulu (23 Juni 2016) sih saya dapatnya Kartu ATM tanpa logo Mastercard dan tidak ada Chip.

Berikut perbedaan kartu lama dengan kartu baru.

Kartu ATM BRI Lama dengan Buku Tabungan BRI Simpedes yang juga lama.
Kartu ATM Debit BRI Tabungan BRI BRITAMA yang disisipkan chip dan logo mastercard. Adapun buku tabungan masih tetap yang dulu.

Dari beberapa sumber yang saya coba cari, tujuan utama kartu ATM sekarang menanamkan chip adalah agar rekening tidak bisa dibobol. Sementara kartu ATM tanpa chip terbilang cukup rentan dibobol dengan teknik skimmer.

Teknik Skimmer adalah teknik melipatgandakan data di dalam pita magnetik di kartu kredit maupun debit. Setelah data diperoleh pelakunya akan memindahkan seluruh isi data atau informasi ke kartu ATM kosong untuk kemudian menguras saldo rekening nasabah.

Oleh karena itu, Kartu ATM Debit BRI kini ada chip-nya. Sesuai dengan arahan dari Bank Indonesia (BI) lewat National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS).

Tidak saja BRI semua penyelenggara kartu ATM atau debit di Indonesia hari ini menjalankan standar nasional teknologi chip kartu ATM atau kartu debit untuk seluruh.

Itu sekilas tentang Pengalaman Ganti Kartu Debet BRI, adapun tujuan utama saya memastikan rekening masih bisa dipergunakan — jawabannya masih tapi harus segera bertransaksi.

Memang tujuan saya ingin kembali bertransaksi lewat Tabungan BRI karena ternyata pelanggan saya yang mencetak spanduk, memesan buku dan membeli madu banyak juga yang ingin transfer uang melalui BRI. Dan … O ya, mengganti kartu ATM BRI lama dengan kartu ATM BRI baru gratis! Jadi, buruan deh sempatkan ke Bank BRI yang terdekat dengan tempat tinggal Anda 🙂

By atruna

Adetruna : Driver 1k km Palu - Mamuju - Tana Toraja ajang Datsun Risers Expedition 2 Etape 2 Sulawesi, Fasilitator / Pendamping UKM JAWA BARAT.

2 replies on “Pengalaman Ganti Kartu Debet BRI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *