Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Foto dan Deskripsi yang Baik

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Foto dan Deskripsi yang Baik
Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Foto dan Deskripsi yang Baik

Penjualan yang meningkat dari waktu ke waktu merupakan target ideal semua pemilik produk yang menjual barangnya di toko online.

Agar bisa mencapai target penjualan meningkat diperlukan upaya dan cara-caranya. Berikut ini Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Foto dan Deskripsi yang Baik.

Jamak orang mengatakan, “Satu foto mampu menceritakan seribu cerita”. Pernyataan tersebut sangat tepat bagi mereka yang mampu memotret dengan baik dan benar. Termasuk dalam dunia foto produk, pastikan foto Anda menarik dan jelas sehingga akan memancing perhatian calon pelanggan, penasaran hingga muncul kecenderungan untuk membelinya.

Lantas bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan foto dan deskripsi yang baik untuk toko yang kita kelola? Berikut langkah-langkahnya.

Pencahayaan yang Baik

Ada dua sumber pencahayaan yang baik untuk dimanfaatkan saat kita tengah melakukan proses foto produk, yaitu; cahaya matahari (alami) dan cahaya lampu (buatan). Dan bila diperlukan, pergunakan peralatan fotografi khususnya lampu untuk memperjelas tampilan produk.

Tips saat melakukan foto produk, pembaca supaya memastikan cahaya pas — tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Tujuannya agar komposisi warna tidak kabur sehingga dapat terlihat secara detil oleh calon pembeli.

Contoh pengambilan foto produk dengan cahaya matahari yang masuk lewat jendela.
Contoh pengambilan foto produk dengan cahaya matahari yang masuk lewat jendela.

Ambil Foto dari Berbagai Sudut Pandang (Angle)

Setiap kali kita memotret produk, jangan cepat puas dengan arah memotret yang sudah kita lakukan. Namun, Anda perlu mengambil foto dari berbagai sudut pandang (angle). Apa pasal?

Karena setiap pembeli online memiliki keterbatasan untuk mengamati produk yang diinginkannya secara menyeluruh bila hanya melihat satu foto saja. Oleh karena itu, siapkan foto yang akan disuguhkan kepada pelanggan dengan menyajikan foto dari beberapa angle yang berbeda.

Sudah menjadi rahasia umum, foto produk yang tersaji dalam beberapa sudut pandang akan lebih menarik minat calon pembeli. Sebab dengan begitu akan mudah bagi pembeli untuk membayangkan secara utuh produk yang diminatinya.

Misalkan foto produk baju, Anda bisa menggunakan boneka (minekin) atau model dan mengambil pose arah depan, samping serta belakang. Pelanggan yang tengah berencana belanja baju dan melihat produk kita akan merasa senang karena semuanya diinfokan secara jelas termasuk saat memutuskan baju yang pas (fitting).

Tentukan dan Perhatikan Latar Belakang Foto

Latar belakang alias background foto pun mengambil peranan penting saat kita merencanakan foto produk. Pergunakan latar berwarna polos (monotone), tidak mencolok tujuannya agar mengajak pelanggan tetap tertuju pada produk yang tengah dilihatnya. Jadi, fokus adalah kunci.

Selain itu, memainkan karakteristik dari produk yang kita jual adalah langkah yang baik saat kita mencari latar foto produk. Sebagai contoh , kalau produk kita sepatu maka kita bisa menggunakan latar jalanan atau permukaan tanah sehingga bisa mengkomunikasikan pandangan dari produk itu sendiri.

Tuliskan dengan lengkap detil, fungsi dan keunggulan dari produk

Setelah kita melakukan pemotretan produk dengan baik dan benar maka selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menuliskan dengan lengkap mengenai detil, fungsi dan keunggulan dari produk tersebut.

Anda bisa menuliskan detil sehubungan dengan bahan, berat, dimensi dan hal lainnya dengan diksi yang natural untuk mendeskripsikan produk yang bersangkutan. Misalnya, untuk produk pakaian, Anda bisa menuliskan, beberapa hal–seperti:

  • Item: jenis baju lari
  • Ukuran: Medium
  • Bahan: High Quality Cotton (Stretch).

Baik itulah artikel tentang Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Foto dan Deskripsi yang BaikSemoga berguna untuk kemajuan usaha Anda!

By atruna

Adetruna : Driver 1k km Palu - Mamuju - Tana Toraja ajang Datsun Risers Expedition 2 Etape 2 Sulawesi, Fasilitator / Pendamping UKM JAWA BARAT.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *